image

Tetap Fokus Pada Bisnis Properti

by dradjad 28-Aug-2020 Dibaca sebanyak : 1104 kali

Negosiasi dalam bisnis jual-beli properti memang sempat lockdown karena covid 19. Namun, berhasil closing juga di tengah-tengah masa pandemi, tepatnya saat awal ditetapkannya PSBB di Jakarta.  Closing jual rumah di Pondok Indah dengan proses yang cukup lama sekali, terutama karna penjual membuka harga sangat mahal. Sudah banyak buyer bernegosiasi namun tidak deal juga.  Harganya sempat turun sebentar, tapi saat mendapatkan buyer yang serius, harganya malahan dinaikin lagi.  Bahkan sudah pernah diproses untuk dibeli oleh sebuah instansi dengan jalur yang cukup panjang, namun akhirnya cancel juga.


Unit ini memang open listing di lokasi, dimana dipajang juga beberapa spanduk agent property ternama. Buyer tersebut sebenarnya sudah menghubungi dan melakukan negosiasi dengan agent lain, namun akhirnya memilih untuk survei unit tersebut dan bertransaksi dengan saya.  Sangat luar biasa!  Meskipun di sisi buyer harga dealnya jadi lebih mahal, dan di sisi owner, komisi ke kantor juga lebih besar dibandingkan agen lainnya, namun owner dan buyer tetap memilih bertransaksi dengan LJ Hooker.  THIS IS ABOUT TRUST. Bukan hanya TRUST pada pribadi marketing, tapi ini juga TRUST pada company yakni LJ HOOKER.


Masa Corona memang agak menghambat tata kerja Property Consultant. Namun, setelah 2 minggu stay at home saya berpikir bahwa tidak bisa terus-menerus di rumah. Pekerjaan ini tidak ada salary-nya, dan hidup saya argo-nya tetap jalan. Jadi saya berpikir keras harus tetap produktif ditengah-tengah  pandemi ini. Pertimbangannya, kalau saya hanya berpikir tentang kesehatan saja bagaimana dengan ekonomi saya? Nah, kalau saya hanya berpikir tentang ekonomi saja, bagaimana dengan kesehatan saya? Akhirnya, saya harus bijaksana dalam memutuskan bahwa hidup harus balance antara kesehatan dan ekonomi pribadi. Selama covid kerja musti tetap sama dan tidak berkurang, namun bedanya adalah protokol kesehatan yang harus selalu kita ingat dan kita jaga.


Beberapa kendala yang sempat dihadapi yakni jadwal bertemu buyer musti diatur dan jumlah orang yang mau berkunjung pun juga dibatasi. Social distancing memang musti dijaga. Jadwal akad bahkan sempat mundur berkaitan dengan cek validasi pajak karena kantor pajak tutup selama masa corona.  Karena penjualnya memang butuh uang mendesak, maka saya hold uang pajaknya dulu di kantor atau di notaris dengan hitungan yang maksimal, lalu dibuatkan surat kesepakatan bahwa jika kurang akan siap ditambah dan jika lebih akan dikembalikan.  Yang terpenting yakni bahwa transaksi tetap berjalan, dan semua pihak, baik penjual maupun pembeli, sama-sama happy dan juga terjaga keamanannya.


Apa Resepnya?  Hanya 1 yaitu: FOCUS.  Banyak orang telah menawarkan peluang-peluang lain selama pandemi ini, tapi saya tetap fokus pada bisnis property sebagai Property Consultant LJ Hooker Grand Galaxy.  Pada saat Stay at Home bisa kita gunakan untuk memperbaiki profil, iklan dan lain-lain.  Juga follow-up baik ke vendor maupun ke buyer.  Saat masih PSBB maka jadwal survei musti dibatasi maksimal 3 unit sehari. Waktu survei juga cukup di lakukan selama 5 jam saja untuk tetap jaga kondisi badan agar jangan terlalu lelah.


Sangat bersyukur dan alhamdulillah ditengah masa Covid ini Allah berkenan memberikan kemudahan untuk tetap closing, dan tentunya yang pertama bisa kita lakukan adalah tekun ber-DOA, selanjutnya kita musti TETAP FOCUS.  Dalam kondisi seperti ini pun, bekerja tetap harus maksimal, hidup tetap harus seimbang, dan TRUST jangan lupa, supaya client lebih TRUST pada kita daripada agent lainnya.


 

Azimah Sheilla Majida, LJ Hooker Grand Galaxy


 

 

https://www.facebook.com/LJH.Indonesia/

https://www.instagram.com/ljhookerindonesia/

https://www.youtube.com/user/LJHIndonesia/featured?view_as=subscriber