image

Never Ending Opportunity In Property

by dradjad 04-Dec-2014 Dibaca sebanyak : 948 kali

Saya lahir dan besar di Bali, dan bergabung dengan LJ Hooker sejak berdirinya tahun 2001, selama 12 tahun, Januari tahun depan 13 tahun.  Lagu Tanah Airku, merupakan salah satu inspirasi mengapa saya pulang setelah sempat sekolah di Amerika, dan setiap kali mendengarkan lagu itu saya semakin yakin bahwa Indonesia adalah pilihan kita.

Sempat 2 tahun bekerja di Agen Properti Dunia dan melihat bahwa properti tidak akan pernah berhenti, baik untuk pengembangan usaha maupun individu.  Dari situlah saya tidak ingin merubah profesi.  2 tahun selanjutnya di Property Management, sampai akhirnya ditawari di LJ Hooker, tanpa berpikir panjang tentang brand, apa sih LJ Hooker itu? 

Yang selalu syukuri dan saya sharringkan dengan tim saya yaitu: apabila saya menjadi dokter, ketika praktek saya sepi, apakah saya boleh berdoa semoga ada pasien yang sakit? Itu sungguh berlawanan dengan kata hati.  Sementara itu di dunia properti, ketika sedang memasarkan rumah/tempat usaha ke klien, kita berdoa semoga ada yang mau membeli yang kita pasarkan.  Membicarakan tentang pilihan di bidang properti, memang tidak ada pilihan lain dan keragu-raguan lagi.  Di Bali kehidupan memang terasa lebih nyaman, tidak semacet di Jakarta.  Namun saya berpikir bahwa kenyamanan tidak akan membuat kita lebih maju. 

Filosofi saya: dengan umur kita yang setiap detik dan setiap hari bertambah, kita pun punya harapan bahwa kehidupan kita pun akan membaik sesuai dengan bertambahnya usia kita.  Itulah standar filosofi yang selalu saya sharringkan ke anggota tim saya, agar mereka tidak gampang mengeluh, dan itulah arti “Real Life Success Story” karena kesuksesan itu memang sangat relatif, misalnya meskipun banyak uang tapi tidak pernah tersenyum.  Di dunia properti, kesuksesan akan sungguh berarti tanpa adanya keluhan.  Setiap saat selalu ada opportunity yang tidak akan pernah berhenti, never ending opportunity in property.  Sehingga jangan pernah ragu-ragu untuk memilih berkiprah di dunia properti, dimana ada 3 pilihan: Real Estate Agent, Contractor dan Developer.  Menjadi developer, kita butuh modal besar, sementara menjadi contractor kita perlu skill khusus.  Sebagai Real Estate Agent, apabila dibandingkan dengan brand lain, saya melihat LJ Hooker sungguh luar biasa dengan adanya training dan pembinaan setiap saat, opportunity yang luar biasa, banyak peningkatan pengetahuan, dan tidak hanya sekedar menjadi calo!

Saya tahu diri bahwa saya orang yang tidak bisa bersaing.  Artinya, kita harus mengetahui kekuatan dan kelemahan kita, sangat perlu mengenali diri sendiri.  Saya punya kekuatan sebagai orang yang rajin dan bertanggungjawab, gak enakan, tapi saya punya kelemahan yakni tidak bisa bersaing dan cepat marah meskipun tidak bisa diajak bertengkar dan malahan gampang menangis.  Saya tidak pernah berpikir untuk harus Juara 1.  Yang saya lakukan adalah mengoptimalkan opportunity yang kita hadapi setiap hari untuk menggapai keberhasilan. 

Opportunity adalah hal yang luar biasa.  Dengan menjalankan opportunity, pasti akan berhasil.  Memang kadang-kadang ada 1 opportunity yang tidak bisa terjadi.  Namun, jangan pernah ada keraguan, apalagi kalau kita sempat bertemu dengan rekan-rekan LJ Hooker Internasional.  Mereka sangat hepi karena membuat orang sejahtera dengan mendapatkan rumah idaman sesuai harapan.  Property is not replaceable, hanya satu-satunya di dunia.  Itulah yang menyebabkan mengapa properti sifatnya terbatas.  Properti itu terbatas: baik letaknya maupun koordinatnya menurut Google, dan itu memperkuat kita lagi bahwa “what we are selling, what we are doing” adalah sesuatu yang bersifat sangat luarbiasa.

Admiral Enny Harini - Admiral (Principal LJH Kuta)