image

Marketing is the Mediator

by dradjad 08-Nov-2019 Dibaca sebanyak : 108 kali

Kesuksesan dalam sewa-jual-beli properti ternyata bisa kalah jauh dengan kesuksesan dalam menjual Project.  Background sebelumnya di dunia developer ternyata bisa membantu kesuksesan dalam market primary.  Selain itu karena ada masanya pasar secondary nggak jalan, makanya musti ambil strategi untuk jualan market primary.  Secondary biasanya mulai berjalan lagi pada saat para Pensiunan musti jual rumahnya untuk warisan. Project tetap dicari, paling tidak kami musti pegang 2 project dalam 1 tahun.  Hal ini juga bagus untuk marketing-marketing baru, yang masih bingung mencari properti untuk dijual/disewakan.  Dengan menjaga project, minimal mereka bisa mendapatkan database konsumen.


Di Kantor, seorang Principal juga harus melihat semua dari PC yang hebat sampai yang tidak hebat. Agar marketing yang belum hebat tidak merasa dikucilkan, akhirnya tidak jualan dan malahan keluar. “Jika kita menolong orang pasti kita lancar urusannya, sebaliknya jika kita meribetkan orang pasti akan ribet juga”. Di dalam meeting-meeting kantor, Principal musti selalu berpesan ke Marketingnya apabila Marketingnya ada yang Secret Selling pasti akan dapat balasannya.


Sebagai principal tidak hanya mencari uang, kita juga musti banyak mencontoh kebaikan dan mendapatkan pembelajaran dari Principal lainnya. Selain itu, juga senantiasa berbagi ilmu kepada kantor-kantor lain agar tetap mendapatkan berkah dalam bisnisnya.  Seorang Principal memang harus pintar Jualan. Kalau misalkan Marketing yang hebat-hebat keluar dan kita tidak bisa jualan, maka biasanya kantor langsung “pincang”.  Principal juga musti pintar dan paham supaya Marketing tidak bisa menipu dalam berjualan.


Admin juga penting untuk kantor, karena beberapa marketing yang sukses jualan itu ternyata ada juga yang gaptek dan malas bikin iklan. Makanya ketika P3 sudah masuk, admin musti langsung bikin iklan. Usahakan setiap Marketing harus memiliki iklan propertinya.


Property Consultant musti aktif berjualan karena memang itulah profesinya.  Yang tidak menganggap profesinya jadi nggak fokus dalam bekerja.  Jangan pernah cobroke dengan broker independen, karena ini adalah profesi murni yang jangan sampai diremehkan orang.  Pada saat bertemu customer, janganlah merendahkan diri sendiri dengan profesinya sebagai marketing yang tidak menerima gaji.  Marketing harus membanggakan profesinya sebagai mediator/konsultan.

 

Linda Chan, Principal LJ Hooker Buaran

Sharring in Principal Gathering, 29 Agustus 2019

 

“Ketika kita diatas kita harus bersyukur, begitu pula ketika kita dibawah kita juga harus bersyukur”




Kategori