image

LJ Hooker Semarang Kota Franchisee of the Year 2018

by dradjad 22-Oct-2019 Dibaca sebanyak : 172 kali

LJ Hooker Semarang Kota didirikan pada tanggal 22 Juni 2012 oleh Principal Thio Mei Lan dan Office Manager Yohana Soekmawati, berlokasi di jalan Dr. Cipto 169 C yang berada di tengah kota SemarangBu Mei Lan sebelumnya sudah bergabung di LJ Hooker Candi selama 6 tahun, mempertimbangkan keinginannya membuka usaha supaya ada pendapatan tetap, dan karena sudah mapan dan nyaman dengan brand LJ Hooker, akhirnya membuka kantor cabang baru dengan mengajak Bu Yohana, yang juga sudah bergabung di LJ Hooker Candi selama 5 tahun.  Bu Yohana awalnya hanya punya target tertinggi yakni meraih MMRC, yang diraih setelah 5 tahun bersama LJ Hooker Candi.  Dengan membuka kantor cabang merupakan tantangan baru dan ini semua adalah anugerah Tuhan hingga saat ini LJ Hooker Semarang Kota menjalani tahun ke-7. 

Di tahun yang ke-6 (2018)  LJ Hooker Semarang Kota mengalami puncak keemasan dengan berhasil meraih 3 penghargaan Number One di acara LJ Hooker Annual Award 2019, yaitu sebagai Top Office Value of Transaction, Top Office Growth, dan Franchisee of the Year.   Kita tidak pernah bemimpi untuk mendapatkan gelar dalam 3 kategori tersebut, atau berapapun kategori yang ada.  Kita bekerja dengan mengalir, hanya bekerja dan bekerja untuk bersama-sama mendampingi para marketing.

 

Penasaran kog LJ Hooker Semarang Kota bisa meraih penghargaan sebesar ini ya?

Memang di tahun 2018 kantor bisa mencapai omset sebesar 4,6M.  Salah satu sebabnya yakni dengan adanya teamwork marketing yang kuat.  Para marketing, di LJ Hooker disebut sebagai Property Consultant (PC), bekerja saling membantu.  Terutama marketing senior musti mendampingi dan men-support marketing junior dan marketing baru, supaya bisa cepat closing.  Selain itu, marketing-marketing perlu didampingi ketika berhasil closing dan mengurus di kantor notaris.  Dan para marketing memang sangat suka untuk didampingi pada saat OFI, negosiasi, kesepakatan dan sampai saat ke notaris. 

Saat ini total marketing yang aktif ada 34 orang, dan kita mencari marketing dengan cara dari pertemanan.  Teamwork marketing sangat kuat dan sangat nyaman di kantor, sehingga mereka juga merasa eman-eman kalo meninggalkan kantor.  Selain itu, beberapa omset closingan sewa mereka cukup besar dan kebanyakan durasi masa sewanya cukup lama, yakni 10-15 tahun, bahkan ada yang 20 tahun, dan diperpanjang setiap 1-2 tahun.  Kalau mereka keluar, tentu saja mereka tidak bisa mendapatkan fee lagi dari sewa properti tersebut.

 

Apa yang membuat para PC tetap setia dan sukses closing?

Kuncinya adalah LJ Hooker Semarang Kota mempunyai 2 grup WA di HP, yakni grup Khusus Properti dan grup Obrolan PC.  Grup WA LJ Hooker Semarang Kota yang pertama berisi tentang informasi tentang klien yang sedang mencari properti dan sebaliknya informasi properti-properti bagi klien-klien yang lagi mencari, juga iklan tentang properti yang BU-BU.  Grup WA kedua adalah grup Obrolan PC, harap maklum kalo para marketing itu memang cerewet sekali.  Meski kadangkala antar PC ada yang bertengkar, rata-rata kalo sudah bertengkar ya musti cepat diselesaikan.

Kebutuhan buyer biasanya bisa langsung dicari di grup WA tersebut, dan kita tinggal Klik saja bisa menemukan yang dibutuhkan. Tiap marketing pasti punya database/listingan, bahkan banyak listingan.  Marketing juga punya shadow yang cukup banyak juga, banyak yang dia punya, dan banyak pula buyer yang mencari.  Saking komplitnya listingan para PC LJHSK, kita jadi jarang co-broke dengan PC di luar sana. Kami sudah bisa men-supply tuntutan permintaan dari pihak buyers.

Selain itu, ada point yang paling penting yakni staf kantor.  Staf yang tangguh, yang mensupport kantor dan marketing.  Ada 3 staf yaitu Admin Listing, yang membantu memasukkan listing dan menyaring listing supaya tidak tercantum dua kali atau di-listing oleh dua marketing dalam satu kantor, juga membuatkan penawaran/email para marketing sehingga mereka mudah dan cepat sekali bisa menawarkan ke client.  Admin Finansial, yang menghitung fee marketing, penghitungan pajak, laporan/neraca rugi laba, dan lain-lain, yang dimasukkan ke program Master Keuangan.  Sejak 2018 kita tidak menggunakan konsultan lagi, karena sudah online ke program tersebut.  Office Boy, tugasnya juga memasang spanduk, mengirimkan dokumen-dokumen dan berkas-berkas yang dibutuhkan ke rumah maupun ke kantor, dan itu dilakukan dengan cepat sekali.  Kami bersyukur mempunyai 3 staf tersebut yang sangat membantu kantor dan para marketing. 

 

Sebagai satu keluarga, jangan hanya berhenti di omongan saja, tapi musti dijalankan.  Begitu punya keinginan, musti terbuka. Kekuatan cinta sungguh luarbiasa.

 

Thio Mei Lan & Yohana Soekmawati