image

LJ Hooker Indonesia Ikut Garap Pasar FLPP

by dradjad 04-Aug-2016 Dibaca sebanyak : 196 kali

Salah satu perusahaan agen properti kenamaan di Indonesia, LJ Hooker, mulai melebarkan sayap pelayanannya. Agen properti yang identik dengan hunian mewah pun terpatahkan lewat aksi perusahaan yang sudah beroperasi di Indonesia selama 15 tahun ini.

Langkah besar diambil LJ Hooker dengan mulai melayani hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Gebrakan yang dimaksud adalah turut melayani konsumen yang ingin memiliki hunian lewat fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

"Ikutnya LJ Hooker dalam layanan FLPP ini lebih pada bentuk inovasi kami," kata Director LJ Hooker Indonesia, Oka M. Kauripan kepada Rumah123 di sela rapat kerja di Jakarta, Kamis (4/7).

Keputusan ini diambil setelah adanya respon yang baik saat pembukaan kantor LJ Hooker Indonesia di Cikarang. Menurut Oka, di beberapa kantor seperti di Cikarang, Bekasi, dan Rajeg Tangerang, telah didatangi konsumen yang mencari hunian lewat FLPP.

"Mereka mungkin tidak punya cukup waktu untuk keliling mencari rumah, nah, kami juga bisa membantu," ujar Oka menambahkan. "Kami bisa mencarikan hunian yang sesuai dengan kriteria mereka."

Oka mengatakan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan dua developer yang memang bergerak di segmen tersebut. Meski belum mau menyebutkan nama kedua pengembang tersebut, Oka yakin pasar segmen ini akan berkembang.

Lantaran baru mulai merambah segmen MBR ini, Oka mengakui pihaknya belum mau memasang target terlalu muluk. "Ya, hingga akhir tahun, jika kami bisa menjual 100 unit itu juga sudah baik."

Target Anyar

Pasar properti Indonesia, menurut Oka, masih belum menunjukkan perkembangan signifikan. Meski demikian, Oka yakin, beberapa bulan ke depan hal itu bisa segera terwujud.

Terlebih ia menilai pemerintah cukup tanggan dengan kondisi ini. Kebijakan tax amnesty, lanjutnya, merupakan upaya yang baik dari pemerintah.

Sayangnya, hal tersebut belum memberi pengaruh besar pada industri properti Indonesia. "Sekitar tiga bulan lagi sepertinya baru akan berpengaruh. Seperti uang yang sudah ada di BRI, kan baru masuk, jadi belum bisa dikembangkan."

Hal itu pun membuatnya memasang target tak berlebih tahun ini. Ia berharap, setidaknya penjualan 2016 akan bisa menyamai tahun sebelumnya.

"Tahun lalu penjualan mencapai 2.500 unit. Semoga tahun ini kami bisa menjaga penjualan di angka yang sama," ujar Okaberharap.

Dari 2.500 unit yang ditargetkan, Oka memperkirakan akan didominasi hunia secondary. Ia menjabarkan, pasar hunian primary telah menurun sejak 2014.

Alhasil, prestasi penjualan LJ Hooker tahun lalu pun sudah didominasi hunian secondary. "Sekitar 52 persen dari 2.500 unit terjual tahun itu secondary."

[Vriana Indriasari]
Sumber: https://artikel.rumah123.com/lj-hooker-indonesia-ikut-garap-pasar-flpp-29520