image

LJ Hooker Berubah Lebih Baik di Tahun 2019

by dradjad 08-Apr-2019 Dibaca sebanyak : 1732 kali

LJ Hooker Indonesia mengadakan rapat kerja tahunan di Batu Malang, pada tanggal 26 Maret 2019.  Deputy Director for Quality Assurance, Agustinus Kunarwoko, membuka rapat kerja dengan memberikan analogi mengenai manajemen kantor serta perkiraan ekonomi Indonesia 2019 yang semakin kuat dan membaik.  Beliau menjelaskan kondisi ekonomi Indonesia saat ini cenderung bagus dengan pertumbuhan ekonimi domestik 5,16% dan dengan inflasi stabil di 3,21%.  Dan tren positifnya yakni berdasarkan laporan Bank DBS pertumbuhan ekonomi Indonesia sejak 2015 mengalami peningkatan.  Yang membuat Indonesia smakin maju ialah interest rate mulai 5%, LTV terus meningkat, sehingga otomatis investor mulai percaya diri.

Pasar perumahan Indonesia memang telah melambat sejak tahun 2014, tetapi diperkirakan akan pulih mulai di tahun 2019. Beberapa faktor mengindikasikan pemulihan pasar pada tahun 2019 dan seterusnya. Namun, kenaikan harga dan pertumbuhan pasar kemungkinan besar akan tetap moderat di masa mendatang.  Apa artinya?  Anda belum dapat segera memperoleh keuntungan dari pasar properti Indonesia. Bahkan jika real estat lebih murah dibandingkan tempat lain di Asia Tenggara, masih saja lambat pertumbuhan harganya. Anda masih harus menunggu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi karena pasar saat ini sedang memasuki masa pemulihan.  Banyak investor juga masih menunggu hasil pemilihan umum tahun 2019.

Dengan harga rendah, stabilitas politik, dan penyelesaian proyek mega infrastruktur yang akan datang di Jakarta dan pusat-pusat kota lainnya, negara ini memiliki potensi untuk menjadi pilihan yang baik bagi investor Cina dan investor asing lainnya.  Namun demikian, pendorong utama pertumbuhan pasar properti masih akan didedikasikan untuk kelas menengah Indonesia yang berkembang dengan pesat.

Selanjutnya Director LJ Hooker Indonesia, Oka Mahendra Kauripan, membawakan sesi motivasi dan sharing bertemakan #Berubahlebihbaik untuk menjadi lebih baik bagi semua Principal, sebagaimana LJ Hooker Indonesia terus berupaya memberikan yang terbaik bagi seluruh outlet-nya.  LJ Hooker juga memberikan kuesioner online yang bertujuan menggali kebutuhan dari masing-masing outlet, mulai dari pelayanan yang diperlukan hingga training-training yang dibutuhkan.  

Pada tahun 2018 memang terjadi penurunan pada nilai transaksi, jumlah transaksi jual, dan dari sektor primary.  Namun juga terdapat peningkatan seperti pada jumlah unit yang ditransaksikan, nilai komisi, dan transaksi KPR.  Oleh sebab itu, untuk bisa “Berubah Lebih Baik” musti diterapkan hal-hal berikut ini:

1.         Tingkatkan kualitas listing. Cari yang sellable dan marketable

2.         Tingkatkan promosi online

3.         Berikan layanan terbaik untuk vendor dan buyer.  Laporan Marketing Activity dan Buyer’s Guide. Kuasai teknik negosiasi

4.         Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan saat terjadi closing

5.         Berikan after sales service, seperti form evaluasi PC berhadiah

6.         Jangan takut mengeluarkan modal untuk meningkatkan omzet

7.         Telepon 10 klien per hari

8.         Lakukan Open House atau OFI dengan mengantar 2 klien per minggu

9.         Listing dan fokus pada 2 marketing area per minggu dengan menekankan FMA

10.      Kegiatan marketing dengan promosi baik offline maupun online

11.      Fokuskan pada 2 listing anda per bulan

Beliau menjelaskan juga bagaimana Membangun Kekayaan melalui Properti di Zaman Digital.  Filosofi “property is not just about building, it’s about people, environment, and technology” ke depannya akan semakin menguat dan menjadi dasar pengembangan.  Apalagi, sentuhan teknologi telah memasuki hampir semua bidang industri, termasuk juga di bidang properti.  Teknologi akan mengubah aturan main lama menjadi aturan main yang baru.  So, just make the Actions to bring the Results.

Sesi utama raker kali ini menampilkan Pak Chandra Haksono, Senior Digital Marketing and Growthhacking, yang membawakan topik tentang Digital Marketing Practice dengan tema “Exceeding Your Sales in the Era of Digital Marketing”.  Digital Marketing is a Mindset: Digital Marketing BUKAN Online Marketing, Digital Marketer LEBIH Dari Internet Marketer.  Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau Platform Internet.  Dan semua orang bisa menjadi internet marketer.  Data menunjukkan bahwa 49% pengguna Internet di Indonesia berusia 19-33 tahun, dengan durasi penggunaan internet mencapai 65% per hari.  Oleh sebab itu, perlu untuk memahami konsep dasar Internet Marketing agar dapat membuat iklan yang lebih baik. 

Salah satu caranya yakni dengan mengoptimasi Konten Marketing.  Kontent marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi Customer.  Persempit pesan yang disampaikan dan buat penerima pesan anda senang dan tersanjung. Misalnya penggunaan tools yang mampu menyebut nama audience anda, baik email maupun social media.  Optimasi bisa dilakukan dengan penggunaaan kalimat Click Bait (memberikan informasi atau berita yang bermanfaat untuk audience anda), penggunaan Image/Video yang berpotensi Viral, membuat Games untuk mengukur seberapa aktif Follower anda dan menciptakan Viral, dan membuat content sesuai Trend (bisa menggunakan Google Trend, Trending Topic Sosmed, Buzzsumo atau Tools lainnya).  Strategi Konten Marketing ini condong kepada Perluasan Branding, sehingga tidak bisa diukur untung-ruginya secara langsung.

Rapat Kerja LJHI tahun ini juga diisi dengan presentasi dari Bank BTN yang memiliki program menarik yang ditargetkan untuk nasabah, OLX yang memiliki 10 kategori dengan fokus 2 kategori utama yakni Properti dan Mobil, Bank CIMB yang memperkenalkan KPR CIMB, dan BPR Lestari yang membagikan doorprize berupa hadiah Tabungan Pendidikan senilai Rp. 500.000,- yang berhasil dimenangkan oleh Bu Enny, Bu Winny dan Bu Vira. 

Semoga kebersamaan dan partisipasi dalam Raker kali ini menjadi input yang baik untuk kemajuan bersama.  Antusiasme yang luar biasa ini bisa ditularkan ke kantor masing-masing:

“Jadilah kerupuk tergaring diantara kerupuk yang melempem... niscaya yang melempem percaya dan ikut jadi garing”

(Cuma yang ngikut raker yang ngerti😂)