image

Grand Opening LJ Hooker Grand Batam

by dradjad 15-Dec-2014 Dibaca sebanyak : 489 kali

Pada hari Senin, 15 Desember 2014, LJ Hooker Grand Batam mengadakan acara Grand Opening diawali dengan kata sambutan oleh Pak Petit, Bu Suzan (Office Manager) dan Pak Rudy, pengguntingan pita oleh para Principal, dan dilanjutkan dengan sharing tentang perkembangan properti di Batam.


Perkembangan properti di Batam dalam 2-3 tahun terakhir ini memang cukup pesat. Dalam 20 tahun ini, perkembangannya 1-2 tahun terakhir sangat luar biasa, dengan masuknya developer-developer besar berskala nasional seperti Ciputra dan Agung Podomoro. Mereka sudah melihat Batam memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk masa depan di bidang bisnis properti. Istilahnya, mereka sudah menanamkan fondasi di Batam.


Mempertimbangkan harga tanah di Batam saat ini, ”it is very variable”, tergantung lokasi. Harga lahan di tengah kota bisa mencapai 20 juta/meter, sementara di luar kota yang agak jauh ada yang sekitar 300-400 ribu/meter.  Akses luar kota memang masih agak sulit, jadi mesti bikin sendiri. Perkembangan properti juga sudah mengundang banyak kompetitor. Disini ada ERA, Century 21, ada juga properti-properti lain yang membawa nama sendiri, bukan franchise tapi agen properti lokal. 

Q: Kenapa milih LJ Hooker?

A: Kenapa TIDAK???

Pada saat itu kami sudah mereview beberapa franchise properti, dan kami melihat konsep bisnis LJ Hooker cocok dengan standar profesionalisme yang kita pegang dan bisa kita andalkan.  Sebagai penerima royalty dan sebagai developer, kami memiliki confidence yang cukup tinggi dalam hal supporting business.  Sebagai master franchise di Batam dan Kepulauan Riau,  kami berharap mendapatkan full support dari LJ Hooker sebagaisupporting business untuk proyek-proyek kita dan diluar proyek tersebut kita juga menjaring rekan dan menjalin hubungan network dengan developer-developer lain di Batam.


Kebetulan kendalanya sangat minim, karena kami sendiri memang push the timeline. Sebagaimana rencananya setting up proyek 1 bisa kita kerjakan di awal tahun depan. Waktunya sendiri memang cukup padat, sehingga memang ada sedikit kekurangannya. Namun dengan adanya support yang saya rasa sudah cukup sebagaimana outlet ini sudah bisa dibuka dengan cukup baik. Untuk segmen andalan, kami fokus dahulu ke primary, sebab untuk secondary-nya akhir 2015 baru akan serah terima, sehingga secondary market akan pick-up. Kami mengharapkan LJ Hooker bisa secara independen, diluar proyek itu sendiri, juga bisa mandiri sehingga dengan bisnis-bisnis lain dan developer-developer lain bisa sebagai primary. Kami akan mempersiapkan Bu Suzan dengan networking-nya. Untuk proyek pertama kami memang sedang disusun dan dipersiapkan sendiri, selanjutnya melalui networking Bu Suzan, kami mengajak developer yakni Agung Podomoro Land dan Ciputra Land, dan developer-developer lainnya akan kami approach untuk kerjasama.


Pada tahun 2009 memang pernah ada outlet LJ Hooker di Batam, namun mungkin timing-nya masih kurang tepat. Jumlah expat waktu itu tidak sebanyak sekarang. Dunia industri galangan kapal inilah yang sebenarnya mendatangkan banyak expat kesini, menyebabkan banyak kebutuhan rental, beli, dan partnership. Lokal memang banyak yang membeli hanya untuk investasi saja. Buying power di Batam memang mulai dilirik oleh para investor besar nasional. Macro economic-nya otomatis mulai jalan dengan adanya sub-contractor, supplier dan consumer. Secara otomatis living standard-nya pun mulai ter-upgrade, butuh mobil yang lebih bagus dan perlu rumah yang lebih besar. Perputaran properti pun mulai berjalan.


Kami melihat LJ Hooker merupakan salah satu sarana di bisnis properti bagi para developer, untuk mencoba menjawab kebutuhan mereka. Apalagi kami melihat Batam sebagai pintu gerbang Indonesia dengan Malaysia dan Singapura.  Dan kondisi pemerintahan sekarang memang mendukung perkembangan properti di Batam dengan cukup baik.


Principals LJ Hooker Grand Batam

"Semoga dengan support LJ Hooker perkembangan bisnis properti di Batam bisa terealisisasi dengan baik"