Prestasi LJ Hooker Indonesia di Kancah Properti 2015

Sejak kehadirannya pada tahun 2001, LJ Hooker telah menjadi agen properti yang disegani di tanah air.  Pada tahun 2010 LJ Hooker sudah masuk dalam 4 besar Agent Properti yang paling top di Indonesia.  Tahun 2012, Indonesia memenangkan “The Fastest Growing Region” untuk LJ Hooker keseluruhan.  Tahun ini, 2015, LJ Hooker berhasil meraih Best Property Agent in Service and Management dalam Golden Property Awards 2015 yang diadakan pada tanggal 26 Agustus 2015.  Golden Property Awards bisa menjadi barometer apresiasi prestasi tertinggi bisnis properti di Indonesia. 

Properti memang merupakan salah satu sektor yang paling penting di Indonesia, dan LJ Hooker bangga sekali bisa turut serta ambil bagian dalam sektor tersebut.  Seperti kita ketahui, banyak sekali media massa memberikan kabar yang penuh dengan kekhawatiran dan negatifitas mengenai ekonomi Indonesia.  Namun ini merupakan suatu kesempatan bagi kita di sektor properti, karena ketika terjadi koreksi pasar, dimana penjualan melambat, disitulah sebenarnya kesempatan bagi kita untuk membeli properti.  Karena begitu banyak sekali penawaran-penawaran dari developer dan dari pasar dengan memberikan diskon, cicilan DP, hadiah-hadiah dan berbagai kemudahan yang cukup memikat konsumen.  Momentum ini memang tepat sekali untuk membeli properti dimana banyak developer berlomba dan berinovasi.

LJ Hooker membukukan 20%-25% pasar properti di tengah pelemahan ekonomi dan perlambatan permintaan properti.  Menurut Direktur LJ Hooker Indonesia, Oka Mahendra Kauripan, kesempatan pelemahan properti ini sudah dirasakan sejak masa-masa Pemilu dan Pilpres.  Pasar properti memang sempat menurun 40%-50% berkenaan dengan naiknya harga BBM, Pemilu dan beberapa saat melemah, dan harga-harga properti bahkan sempat naik 100%.  Menyikapi hal tersebut LJ Hooker berkomitmen untuk melakukan strategi konsolidasi 2015 dengan berfokus kepada pasar menengah ke bawah.  Hal tersebut cukup berhasil dengan kenaikan volume transaksi menyewa 100% yang bisa mendorong kinerja perusahaan.

Pak Oka menambahkan bahwa sektor properti di Indonesia saat ini sejatinya tidaklah dalam keadaan yang stuck. Beliau menegaskan, “Pertumbuhan penjualan di tahun ini sesungguhnya lebih tinggi dibanding tahun lalu.  Bahkan, market untuk sewa menyewa saat ini mengalami kenaikan hingga 100%.  Jadi, sebenarnya kita masih bisa invest properti asalkan segmennya benar.  Harga properti sedang mahal, apakah saya harus membeli?  Asalkan anda benar dalam memilih properti yang mau anda beli, it’s the time to buy!”

Perlambatan sektor properti memang terpotret jelas dalam survei yang rutin digelar Bank Indonesia (BI).  Penjualan rumah pada kuartal II-2015 hanya tumbuh 10,84 persen, kurang dari separuh pertumbuhan penjualan pada kuartal I-2015 yang mencapai 26,2 persen.  Berdasarkan hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) BI, pertumbuhan harga rumah melambat baik secara triwulanan maupun tahunan.  Data yang dilansir pada Rabu (12/8/2015) tersebut menyatakan, harga rumah pada kuartal II-2015 hanya tumbuh 1,38 persen lebih tinggi dibanding kuartal I-2015, atau tumbuh 5,05 persen secara tahunan.

Kendati pasokan dan penjualan relatif stagnan, namun harga jual properti komersial di wilayah Jabodebek pada triwulan II-2015 malah meningkat baik secara triwulanan maupun tahunan. Bahkan, kenaikan harga jual terjadi pada semua segmen.  Pertumbuhan harga jual positif tersebut khususnya terjadi pada lahan industri. Di Jabodebek harga lahan industri melonjak 24,31 persen secara triwulanan atau 64,97 persen secara tahunan. Sedangkan di Banten tumbuh 9,04 persen secara kuartalan dan 21,49 persen secara tahunan.

Ia menambahkan bahwa investasi properti saat ini tetap menarik, dengan memilih segmen yang tepat maka investasi akan mendatangkan keuntungan. Masyarakat juga dapat membeli properti dengan berbagai penawaran cara pembayaran.  Saat ini banyak cara pembayaran yang ditawarkan guna memudahkan konsumen, seperti misalnya pembayaran DP secara berkala, hingga dengan cara KPR. Sehingga memudahkan konsumen untuk membeli rumah.  Perumahan masih merupakan target nomor satu.  Seiring dengan berjalannya waktu, kita akan terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan dan pergeseran-pergeseran, misalnya saat ini tren ruko memang agak sedikit berkurang dan bergeser ke pergudangan.  Eksistensi perumahan masih tetap nomor 1.  Kita juga melihat bahwa 4,7% ekonomi Indonesia masih tumbuh, lebih berkembang dibanding dengan negara-negara lain.

Dari begitu banyaknya kantor agen properti, kenapa memilih LJ Hooker?  Manajemen dan sistem LJ Hooker memang beda dari yang lain.  LJ Hooker berasa lebih nyaman dan comfortable dibandingkan dengan semua competitor yang ada.  Dan apa yang LJ Hooker lakukan agar tetap menumbuhkan kepercayaan antara franchise dan franchisee?  Nomor 1 adalah kita selalu menganggap sebagai mitra, bukan cabang!  Kita tekankan kunjungan, training dan service dengan harapan bahwa outlet-outlet LJ Hooker juga bisa menerapkan service yang baik terhadap kilen, sebagaimana LJ Hooker tahun ini berhasil meraih Best Property Agent in Service and Management dalam Golden Property Awards 2015.  Service itulah yang diharapkan bisa dibawa dan ditebarkan ke masyarakat agar bisa mendapatkan layanan jual-beli-sewa properti yang sungguh profesional. 

Pengalaman menarik selama menjadi agen properti adalah bahwa properti ini agak unique selling.  Disini kita memang dituntut bagaimanakah cara kita men-service customer & buyer, bagaimana pelayanan kita dan segala macam tuntutan yang tidak semua orang bisa menjalani.  Itulah pengalaman menarik yang ingin digarisbawahi.  Bahwa kita dituntut untuk lebih bisa menghidupkan dan meyakinkan seseorang untuk membeli properti.  Properti merupakan aset yang tiada henti.  Pertumbuhan properti ke depannya pasti tumbuh, terutama karena kemacetan di Jakarta.  


Harapan ke depan untuk LJ Hooker Indonesia?  LJ Hooker sudah mencakup 70% area di Jabodetabek.  LJ Hooker Indonesia is on the right track, tinggal bagaimanakah caranya di saat lemahnya ekonomi ini kita bisa mengkonsolidasi dengan memperkuat SDM, menambah jaringan dan proyek.  Semoga pangsa pasar akan tumbuh terus dan kita bisa menjadi leading pertama dan memimpin pasar properti karena tingginya pertumbuhan perumahan baru dan perkantoran baru.  Target spesifik tahun ini dan tahun mendatang yakni kami akan terus mencari dan mencari properti-properti baru dan developer-developer baru untuk menjalin kerjasama dengan kami.


Property Market in Indonesia will grow rapidly in the near future, so you have to put your trust in the right brand and the right team, that’s why LJ Hooker is here for you, and Nobody does it better...LJ Hooker!!!

Baca juga http://biz.kompas.com/read/2015/09/18/070921828/Berinvestasi.Properti.Sekarang.Siapa.Takut.?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp