image

5 Trik Membuat Rumah Kecil Lebih Lapang

by mira_kgs 14-Mar-2019 Dibaca sebanyak : 622 kali

Jakarta - Tahukah Bunda, kalau rumah tipe 36 ternyata paling diminati masyarakat Indonesia. Menurut data Bank Tabungan Negara (BTN), pada Juni 2018, rumah tipe 36 mendapatkan indeks harga properti tertinggi, yaitu 167,74 dengan kenaikan tahunan 8,4 persen.

Seperti dilansir detikcom, tingginya permintaan rumah kecil dibanding tipe rumah lebih luas terkait dengan daya beli masyarakat dan permintaan masyarakat kelas menengah ke bawah.

Bagi Bunda yang memiliki rumah tipe 36, tak perlu berkecil hati. Rumah kecil pun bisa disiasati agar terasa lebih lapang lho. Tapi ada triknya nih.

Yuk Bunda, cek lima cara membuat rumah kecil terasa lebih lapang seperti dilansir Forbes:

1. Tempat penyimpanan

Salah satu elemen paling penting dalam rumah kecil adalah storage atau tempat penyimpanan. Dengan tempat penyimpanan, barang-barang lebih tertata rapi. Bunda pasti senang kan kalau mainan anak-anak tidak berserakan di mana-mana.

Selain rak, tempat penyimpanan built-in bisa menjadi pilihan Bunda. Sebab, tempat penyimpanan jenis ini memiliki ragam bentuk dan bisa disesuaikan menurut kebutuhan.

Beberapa furnitur juga saat ini telah dilengkapi dengan tempat penyimpanan. Sebagai contoh, coffee table. Coba Bunda perhatikan, beberapa coffee table saat ini biasanya memiliki tempat penyimpanan.

2. Cahaya

Elemen lain yang tak kalah penting agar rumah terasa lebih luas adalah cahaya. Namun, cahaya yang dimaksud di sini adalah cahaya alami dari luar ya, Bun.

Selain menggunakan skylight atau jendela di bagian langit-langit, Bunda bisa menggunakan jendela clerestory atau jendela yang berada di bagian paling atas dinding.

Dengan demikian, cahaya alami yang masuk akan lebih banyak. Ruangan pun lebih terang dan terlihat lebih besar. Keuntungan lainnya, tak perlu sering-sering menyalakan lampu di dalam rumah. Bisa hemat tagihan listrik nih, Bun.


3. Langit-langit yang tinggi

Setelah tempat penyimpanan dan cahaya, elemen lain yang perlu diperhatikan ada langit-langit. Ya, langit-langit yang tinggi cenderung membuat ruangan terlihat lebih besar dan lapang.

4. Akses ke luar ruangan

Jika Bunda memiliki bujet lebih, bisa lho mengganti pintu biasa yang menghadap ke halaman belakang dengan pintu kaca lebar. Cara ini membuat ruang di dalam ruangan menyatu dengan pekarangan dan terasa lebih lapang.

5. Hindari lorong

Untuk rumah kecil, Bunda sebaiknya hindari mendesain rumah dengan lorong. Sebab, lorong memakan ruang yang harusnya bisa digunakan untuk area kamar atau area lainnya.

Untuk menerapkan trik di atas ada baiknya disesuaikan dengan bujet ya, Bun. Bisa diawali dengan cara yang sederhana, seperti membuat tempat penyimpanan sendiri dari kayu atau kardus bekas.

Sumber : www.haibunda.com
Penulis : Sofia Maya