Tren Pasar Properti di Cikarang Kini Kian Menantang

Cikarang merupakan kota di kabupaten Bekasi. Terletak 34 km dari Timur Ibukota Jakarta. Jika dibanding wilayah lainnya yang masuk ke dalam Kabupaten Bekasi, Cikarang dinilai lebih prospektif dalam hal perkembangan di sektor properti.

Setidaknya terdapat tujuh faktor yang menjadi keunggulan dan potensi Cikarang, khususnya dari kacamata properti, yakni:

1.       Sebagai kawasan yang sedang berkembang (emerging district)

Pertumbuhan kawasan industri di Cikarang disinyalir sebagai pemicu pesatnya perkembangan sektor properti di kawasan timur Jakarta ini. Pesatnya pertumbuhan industri mendorong perusahaan menempatkan jajaran eksekutifnya di sini, termasuk ekspatriat. Hal ini membuat suplai properti menjadi kian beragam, tak lagi sekedar kelas subsidi dan menengah, tetapi juga hingga apartemen dan hunian mewah.

2.       Akses cukup baik dan terus dikembangkan (good accessibility)

Cikarang bisa ditempuh melalui 3 gerbang tol arah Jakarta-Cikampek. Lewat gerbang tol Cikarang Barat KM 28, gerbang tol Delta Mas KM 37, dan gerbang tol Cibatu KM 34.7. Belum lagi adanya rencana pembangunan Light Rapid Transit (LRT) yang terhubung ke Jakarta, pembangunan jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated Toll) sepanjang 36 kilometer yang dibangun mulai triwulan II-2017 dan ditargetkan beroperasi pada 2019.

3.       Pertumbuhan bisnis

Tren harga properti Cikarang tak lepas dari perkembangan kawasannya. Kemudahan akses, infrastruktur pendukung, hingga kelengkapan fasilitas dimiliki Cikarang. Hal ini yang menjadikan kawasan ini semakin seksi di mata konsumen properti maupun investor.

4.       Perkembangan kawasan

Kawasan industri yang terintegrasi dengan kawasan hunian ini memang diarahkan untuk menjadi sebuah kota modern. Hal-hal yang disebutkan di atas pada akhirnya membuat pergerakan pasar properti Cikarang kian cemerlang. Sebagai contoh, tengok saja pergerakan harga apartemen di Cikarang, yang notabene punya market rental yang tinggi.

5.       Banyaknya tenaga kerja asing

Di Cikarang terdapat lebih dari 4 ribu perusahaan lokal dan asing, 21 ribu ekspatriat, dan ratusan ribu pekerja domestik di Cikarang. Dengan total ekspatriat dan pekerja domestik sebanyak itu, maka tingkat kebutuhan hunian di kawasan ini menjadi sangat tinggi. Begitupun potensi market rental-nya. Fakta inilah yang lantas menjadi magnet bagi pertumbuhan subsektor properti lain, terutama residensial.

6.       Kebutuhan produk yang berkualitas.

Kawasan industri yang terintegrasi dengan kawasan hunian ini memang diarahkan untuk menjadi sebuah kota modern. Fasilitas yang tersedia pun tak hanya ‘sekedar cukup’, tetapi juga berkualitas. Pusat hiburan, perbelanjaan, kawasan komersial dan lain-lain dibangun di sini dengan standar yang tak kalah dengan Ibu Kota. Dengan demikian, Cikarang tumbuh menjadi kawasan yang mandiri.

Kawasan Industri Cikarang Adalah yang Terbesar di Zona ASEAN

Predikat Cikarang sebagai Kota industri paling besar di zona ASEAN telah membuka peluang besar bagi para investor untuk berinvestasi di Cikarang. Kawasan Industri Cikarang adalah kawasan industri yang sangat berpotensi. Mengingat bercokolnya 2.125 pabrik disana milik para investor asing yang berasal dari 25 negara berbeda. Sontak Kawasan Industri Cikarang pun mampu mendonasi 34,46% PMA Nasional dan 22 hingga 45% ekspor nasional. Tercatat sudah ada 7 kawasan industri Cikarang yang mejeng. Diantaranya adalah MM2100, Delta Silicon I dan II, BIIE, EJIP, Jababeka I dan II. Eksisnya Kawasan Industri Cikarang tersebut otomatis memacu permintaan untuk urusan hunian yang strategis dan aman.

Melihat kondisi ini, ditambah lagi dengan adanya tekanan terhadap rupiah, membuat Indonesia semakin menarik untuk investasi. Selain menguntungkan exportir, perbaikan neraca akan menambah keyakinan para pengusaha untuk investasi di daerah ini.

Dan di ulang tahunnya yang ke-5, LJ Hooker Cikarang pun optimis dengan kepercayaan yang telah di bangun dan didukung pula dengan pengalaman dan reputasinya sebagai ahli pergudangan sehingga bisa dijadikan pilihan untuk semakin ditingkatkan. Team LJ Hooker Cikarang yang jumlahnya saat ini berkembang menjadi 20-an Property Consultant, siap melayani kebutuhan investasi properti di Cikarang.

 

Sumber:

https://www.rumah.com/areainsider/cikarang/article/6-faktor-penyebab-pasar-properti-cikarang-melesat-1072

http://grandevalore.com/kawasan-industri-cikarang-adalah-yang-terbesar-di-zona-asean/