Tiada Habisnya Optimisme di Bisnis Properti

PROPERTY INSIDE – Ketika berbicara tentang bisnis properti, kami memiliki ide dan optimisme yang tak ada habisnya dari Rita Megawati. Semua seluk beluk bagaimana pemasaran properti sudah dikuasai dan dipahami oleh ibu dua anak ini, seorang putra dan seorang anak perempuan. Tentunya karena hampir 18 tahun, ia telah mendedikasikan dirinya ke dunia broker properti, dunia bisnis layanan yang bermanfaat bagi banyak orang.

Property Inside telah menangkap kesan luar biasa ketika ada kesempatan untuk mewawancarai beliau. Wanita cantik ini memancarkan aura kepemimpinan yang kuat. Rita mampu memotivasi lawannya dalam percakapan bahkan tanpa menyadarinya. Menjadi lugas dan optimis adalah karakter wirausahawan sejati yang memenangkan Admiral Award LJ Hooker Internasional.

Dari pengalaman panjang, yang tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, betapapun dengan rendah hati, Rita memohon untuk tidak menjadi ambisius dalam mencapai hal-hal hebat dalam bisnis ini. Ia mengaku hanya mengikuti arus dan mengalir seperti air dalam mengembangkan bisnis. Namun, kali ini ia memiliki delapan kantor cabang LJ Hooker, dua di antaranya yakni LJ Hooker Gading Serpong dan LJ Hooker BSD Serpong berada di bawah pengawasan langsungnya.

Berbicara banyak tentang properti industri dengan Rita seolah-olah menggali harta tanpa henti. Banyak ilmu, khususnya ilmu pemasaran yang bisa didapatkan darinya. Meskipun dalam perjalanan awal karirnya, Rita adalah seorang akuntan. Beliau bekerja sebagai akuntan di perusahaan otomotif nasional, PT Astra International Tbk. Namun ternyata, panggilan untuk menjadi pemimpin dan pengusaha lebih kuat daripada bekerja di belakang meja. Berikut adalah kutipan dari wawancara lengkap kami:

 

Bagaimana sudut pandang Anda tentang bisnis properti, terutama dari pemasaran dan broker yang Anda kuasai?

Sebenarnya tidak ada yang baru dari ilmu pemasaran dan broker di dunia properti ini. Lakukan saja bagaimana kita ingin meningkatkan potensi diri kita. Inilah yang selalu saya tekankan kepada semua agen pemasaran saya. Tidak ada superman dan superwoman di dunia ini. Jadi betapapun kuatnya jaringan itu dan juga kemampuan pemasarannya, jika tidak ada kemauan untuk meningkatkan kemampuan Anda, hal itu akan sulit. Ingat juga, bahwa mendengarkan sangatlah penting bagi agen pemasaran. Jadi kita musti mendengarkan kebutuhan klien dan konsumen dan kemudian fokus pada solusinya, bukan pada permasalahannya.

 

Jadi, bagaimana seharusnya seorang marketing profesional meningkatkan kemampuan pemasarannya?

Sekali lagi, saya ingatkan Anda, bahwa tidak ada hal baru dalam ilmu tentang properti. Tapi ingat, pelanggan kita terus berubah. Pelanggan itu seperti siklus. Selalu ada sesuatu yang baru pada kebutuhan dan keinginan pelanggan. Inilah yang harus kita pahami, ditambah lagi kondisi di tengah teknologi informasi yang semakin canggih saat ini. Sebagai agen pemasaran tentu harus bisa mengikuti semuanya. Intinya yakni mau belajar. Selain itu, pelanggan memiliki karakter yang berbeda. Jangan bingung dengan karakter klien Anda, Anda harus meningkatkan karakter Anda terlebih dahulu.

Intinya adalah, bisnis ini membangun kepercayaan. Bagaimana kita membangun kepercayaan dari klien dan pelanggan. Untuk membangun kepercayaan, tentu saja, kita harus terus memperbaiki diri, misalnya mengasah kemampuan berbicara kita, meningkatkan kinerja dengan banyak mencari informasi, karena pengetahuan itu sangat penting. Bayangkan, jika ini dilakukan setiap hari, otomatis akan meningkatkan kemampuan agen pemasaran. Tentu saja dia membangun karakter dan kepribadian yang lebih baik.

 

Sebagai seorang pemimpin, apa yang Anda lakukan agar karakter kepemimpinan dapat diserap bawahan Anda?

Sejujurnya, saya sebenarnya tidak pernah menolak orang menjadi agen pemasaran di perusahaan yang saya kelola. Tentu saja tetap melalui prosedur wawancara, tetapi saya selalu menerima semuanya. Kenapa saya melakukan ini? Karena saya percaya bahwa kesuksesan adalah hak semua orang. Hanya bagaimana setiap orang mau mencoba untuk mencapai kesuksesan. Saya selalu menekankan, jika Anda bermimpi menjadi seseorang yang sukses, sudahkah Anda melakukan hal-hal yang telah dilakukan orang itu? Jika belum, impian Anda hanyalah mimpi tanpa realisasi. Tumbuhkan keberanian untuk menjadi sukses, yakinlah bahwa Anda mampu mencapainya, itu saja.

 

Secara teknis, apa yang Anda lakukan untuk mengembangkan karakter pemasaran?

Secara teknis, saya bahkan tidak pernah menemani mereka untuk bertemu dengan klien dan konsumen. Biarkan mereka belajar bagaimana menghadapinya. Jika mereka selalu ditemani, sama saja mereka dimanjakan, jadi bagaimana kepribadian mereka akan terbentuk? Sebagai pemimpin, saya siap menjadi tidak populer, ini adalah alasan sebenarnya untuk kebaikan bersama. Pemimpin harus siap untuk tidak populer.

 

Setelah kesuksesan Anda dalam bisnis layanan ini, apakah Anda memiliki keinginan untuk membangun proyek Anda sendiri sebagai pengembang?

Sebenarnya, kami telah melakukan beberapa proyek sejak tahun 2004, meski tidak terlalu banyak. Saat ini saya berurusan dengan dua proyek bersama pengembang Singapura. Untuk proyek-proyek seperti ini, sebagai perwakilan perusahaan pemasaran dan konsultan mereka, kami mengoordinasikan cara menargetkan strategi pemasaran. Meskipun mendapatkan banyak pengetahuan dari proyek-proyek ini, saya tidak terlalu ambisius untuk mengembangkan bisnis sebagai pengembang. Easy going, nikmati hidup. Ya, saya punya keinginan ke arah itu, tapi mungkin suatu hari nanti.

 

Sumber:  “INTERVIEW: Rita Megawati, Principal LJ Hooker Gading Serpong & Serpong” - https://www.propertyinside.id/interview-rita-megawati-principal-lj-hooker-gading-serpong-serpong/