Mini Boot Camp LJHKG & LJHKGS

Acara mini workshop yang diadakan pada hari Kamis, 19 Juli 2018 di Gregor’s Cafe Pegangsaan Dua Jakarta Utara ini dihadiri oleh 33 Property Consultant (PC) dari LJ Hooker Kelapa Gading dan Kelapa Gading Square. Acara dibuka oleh Pak Putra, Network Performance Manager LJ Hooker Indonesia, dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun Pak Ekki , PC LJ Hooker Kelapa Gading Square, yang berulangtahun di hari yang sama.

Selanjutnya, waktu dan tempat diserahkan kepada Pak Indra Kurniawan, SE, CTM (Certificate Theocentric Motivator), yang membawakan topic “Be A Professional Property Consultant using Success Triangle Principle”. Sebagai pembukaan, Pak Putra dan Pak Indra mengacak posisi duduk team kedua kantor supaya berbaur, langkah pertama untuk keluar dari Zona Nyaman dalam satu grup/komunitas. Setelahnya suasana mencair dengan cepat dan diskusi serta penyampaian materi berjalan dengan apik, dalam, tajam, dan mengena sekali. Penyampaian Pak Indra yang santai tapi tetap bersemangat membawa acara 3,5 jam ini berlalu tanpa terasa.

Kami belajar bahwa Personal Branding dari seorang PC yang profesional adalah sangat penting untuk terus bertahan dan menang dalam Red Ocean. Semua HOW TO’s seperti pengetahuan, etika, perilaku dapat diubah dan dipelajari jika kita berusaha, tapi jika terkait WHY/alasan/cause akan kembali ke mental pribadi seorang PC. Kompetitor terbesar dan terberat adalah diri kita sendiri, untuk mengeluarkan potensi kita secara maksimal.

Kami masuk lebih dalam lagi mempelajari Success Triangle Principel  yang terdiri dari 3 poin besar yaitu: Personal Mastery, Interpersonal Mastery dan Leadership Mastery dengan titik berat di Personal Mastery.  Personal Mastery adalah proses pengembangan diri yang terus-menerus untuk menjadi lebih bahagia, sukses, kepuasan dan maksimal dalam hidup. Semuanya tergantung dari:

1.       Attitude/Sikap/respon terhadap suatu kejadian

2.       Belief/Nilai yang kita anggap benar. To Sell is Human

3.       Goals/Tujuan (yang terukur)

4.       Action/Aksi/Usaha

5.       Endurance/Kemampuan mengenal, mengelola dan mengarahkan diri sendiri

Apa yang tidak terlihat sangat mempengaruhi apa yang terlihat. Pohon mangga berbuah karena banyak yang memberi pengaruh yakni iklim, tanah, pupuk, dan lain-lain. Semua jawaban memang benar dan tidak salah, namun Pak Indra menegaskan bahwa akar pohonlah yang memberikan kontribusi terbesar diantara semua faktor lainnya itu. Jadi, bagaimana cara kita menilai sesuatu yang tak dapat kita lihat secara kasat mata ini? Yakni dengan cara mengamati dari perilaku serta perkataan seseorang. Apa manfaat pengamatan ini? Jika Values seorang client (Buyer/Vendor) sama dengan kita, kita akan memperoleh TRUST/kepercayaan mereka. Apakah Trust ini bisa hilang? Bisa saja, jika Values kita berubah dan tidak cocok lagi dengan values client.

Best Service Quality Values tahun 2018 yang saat ini sedang LJ Hooker Indonesia terapkan secara serentak di semua kantor nasional sudah sangatlah tepat, karena ini adalah 5 values umum yang dicari oleh Client dari seorang PC dan kantor yang professional, yaitu: 5K alias Kecepatan, Kemampuan, Kecakapan, Keandalan, Kepekaan. Value yang dihadirkan dapat menjadi Personal “Branding” bagi orang sekitar yang menilai, “Compete on Value, Ignore Compare on Price”. Peserta diajak untuk “merepetisi” Value yang sudah baik karena ada istilah BEBEK HANYUT, dimana kita menanam belum tentu kita menuai di tempat yang sama.

Acara ditutup dengan pemutaran Film “Million Dollar Baby”, Petinju Wanita yang minta dilatih oleh pelatih hebat yang berprinsip tidak akan melatih petinju wanita. Si petinju wanita tidak menyerah dan melancarkan aksi dengan membayar 6 bulan dimuka biaya les tinju yang dikumpulkan dari kerja sampingannya. Tidak cukup sampai disitu, si petinju juga menunjukan latihan yang konsisten sehingga melunakkan hati sang pelatih untuk mau melatihnya serta membawa si petinju memenangkan pertandingan demi pertandingan.

Kesimpulannya adalah: Personal Mastery sangatlah penting, harus diusahakan dengan gigih dan berulang. Fokus di hal yang dapat kita ubah dari dalam diri kita, bagaimana kita menyikapi suatu masalah/situasi/kondisi. Dengan demikian ini akan menjadi kelebihan kita selaku Profesional Property Consultant untuk terus maju dalam kompetisi yang ketat saat ini.


Antonius Sutedja - Office Coordinator LJ Hooker Kelapa Gading Square