LJ Hooker Boot Camp April 2018

LJ Hooker Boot Camp merupakan sebuah camp pelatihan yang berlangsung selama 2 hari 1 malam, tanggal 24-25 April 2018 @ Ole Suites Hotel, Babakan Madang Bogor, dengan pembicara Adi Putera Widjaja & Team dalam bentuk belajar bersama tentang banyak hal untuk kemajuan setiap kantor dan para Property Consultannya. Outcome dari boot camp ini adalah untuk memastikan kesuksesan seorang LJ Hooker atas dasar kebenaran bukan karena kebetulan belaka. Kesuksesan yang dimaksud berasal dari income penjualan sebagai franchise agent property yang berdasarkan filosofi, "Property is not about houses, it's about People".

Demi tercapainya tujuan tersebut LJ Hooker telah menetapkan DNA berupa 6 dasar prilaku sukses LJ Hooker yaitu: passion, persistence, integrity, knowledge, innovation dan teamwork. Ke-6 DNA LJ Hooker tersebut akan diterjemahkan menjadi outcome dari boot camp yang meliputi:

1. Memiliki landasan berpikir yang utuh dalam menyusun rencana kehidupan

Banyak manusia yang tidak memahami apa perbedaan antara takdir dan nasib. Sehingga mereka jadi malas untuk berusaha dan mengolah akal budinya. Karena mereka mengira bahwa mereka tidak memiliki kendali atas kehidupannya. Akibatnya, banyak kita temui manusia yang seperti halnya seekor ikan mati yang hanyut dengan arus air kehidupan. Seorang manusia yang mengetahui "passion"-nya akan secara "persistent" mengejar impiannya walau dalam perjalanannya ada begitu banyak masalah menghadang.

2. Mengetahui apa yang menjadi outcome dari sebuah rencana

Ketidakmampuan dalam membedakan landasan, tujuan dan harapan membuat manusia terlihat sibuk tapi sebenarnya menyibukan diri. Karena kalau sibuk ada hasilnya. Ini berkaitan dengan topik sebelumnya. Bila manusia memiliki kendali atas hidupnya, lalu apa rencana hidupnya dan seperti apa hasil akhir yang diinginkan terjadi? Bila seorang manusia sudah tahu apa yang dia ingin terjadi dalam hidupnya. Maka dia akan menjaga "integrity"-nya dengan baik.

3. Kemampuan dalam memecahkan masalah saat mengeksekusi sebuah rencana

Tidak banyak manusia yang menyadari bahwa mereka ternyata memiliki pilihan-pilihan ketika berharapan dengan masalah. Sehingga mereka tidak mampu membuat keputusan ketika menghadapi masalah. Mereka membiarkan keputusan dibuat oleh lingkungan. Ketika hasil tidak sesuai dengan harapan maka yang disalahkan adalah Tuhan. Padahal semua yang terjadi ada peran serta dirinya dalam membuat keputusan. Landasan yang wajib dimiliki untuk memecahkan masalah adalah mengetahui dengan jelas apa yang diinginkan dalam hidup. Bukan apa yang tidak diinginkan dalam hidup. Agar mampu memecahkan masalah maka dibutuhkan "knowledge" agar mampu membuat pertimbangan-pertimbangan.

4. Kemampuan dalam menemukan alternatif solusi atas masalah

Bila setiap manusia sudah mengetahui apa yang dia inginkan dalam hidup, maka langkah berikutnya adalah melatih diri dalam mengelola pikiran dan perasaan. Sebuah solusi hanya dapat dihasilkan dari sebuah pemikiran yang tidak diintervensi oleh perasaan. Dan sebuah solusi yang berhasil di masa lalu belum tentu juga dapat digunakan di masa sekarang, oleh sebab itulah dibutuhkan "innovation".

5. Kemampuan berkomunikasi dengan diri sendiri dan orang lain saat perasaan berkecamuk

Tidak banyak yang menyadari bahwa ada 2 dunia yang secara pararel berjalan secara bersamaan. Dan di antara kedua dunia ini terdapat filter komunikasi yang perlu disadari agar dapat menciptakan sebuah komunikasi yang sebening kristal. Mengkomunikasikan kepada orang lain apa sesungguhnya yang anda inginkan dalam hidup. "Teamwork" dibangun melalui komunikasinya yang efektif.

Acara Boot Camp dibawakan dengan 80% interaktif, FGD dan study case, 20% bersifat lecture. Oleh sebab itu pesertalah yang menjadi subjek dan mengambil porsi paling besar selama proses pembelajaran. Fasilitator hanya berfungsi dalam memfasilitasi kedalaman pembahasan sebuah materi.

“Kalau kita leaders tidak mau berubah, jangan harap nasib Anda berubah, apalagi marketing dan staff kantornya”

Open your mind and heart, listen to your conscience

Do not stop learning, learning every day makes us a better person

[David Christovani, Principal LJ Hooker Alam Sutera]