Jadilah PC Yang Tidak Mudah Sakit Hati

Sebelum terjun ke dunia bisnis property, saya pernah bekerja di perusahaan kontraktor di Semarang (selama 4 bulan), kemudian menjadi Manager Accounting HPP di pabrik permet karet Yosan & Coklat (selama 22,5 tahun), dan baru kemudian terjun sebagai agen property lokal (Januari 2013 - Mei 2016), akhirnya semenjak tgl 1 Mei 2016 sampai sekarang saya bergabung di LJ Hooker Icon BSD bersama dengan Bu Dewi Hidayat.

Memang sejujurnya saya masuk ke bisnis properti ini tadinya coba-coba saja, karena saya tidak ada dasar sebagai marketing, dimana sebelumnya saya hanya mengaudit data-data dan memberi perintah pengkoreksian, yang sungguh-sungguh berbeda 180⁰ dengan dunia marketing. Sebagaimana teman-teman ketahui bahwa disini kita harus bisa menghadapi segala macam sifat-sifat orang, baik dari teman-teman kita sendiri sesama marketing maupun dengan klient. Dan akhirnya saya merasa nyaman sebagai Property Consultant, dan sudah memasuki 6 tahun di dunia property.

Tentang pola kerjanya, saya tidak terlalu repot mengatur waktunya, karena anak-anak saya sudah besar, yang pertama sudah berusia 24 tahun dan anak ke-2 usianya 19 tahun. Anak pertama saya sudah benar-benar mandiri, sementara anak ke-2 masih harus saya antarkan kuliah, karena dia trauma untuk menyetir mobil sendiri setelah pernah menabrak motor orang. Kebetulan anak ke-2 saya ini kuliah di Atmajaya BSD, yang lokasinya di belakang kantor LJ Hooker Icon BSD, jadi setelah mengantarnya kuliah saya bisa langsung ke kantor.

Bagaimana kebiasaan saya meng-handle klien? Saya follow-up dan menyapa klien setiap saat paling tidak seminggu sekali, menanyakan kabarnya dan berbincang-bincang tentang hal-hal lain. Baru kemudian menawarkan property. Untuk complaint, memang pernah saya dicomplaint klient karena klient merasa terlalu dikejar-kejar. Padahal saya pikir kalau tidak dikejar-kejar, deadline-nya khan sudah dekat, sedangkan proses bank dan developer juga butuh waktu, bisa 2 sampai 3 minggu. Kalau dari WA klien santai-santai saja, tidak segera ditanggapi, resikonya jadi kehabisan waktu, dan konsekwensinya bisa denda atau batal. Oleh sebab itulah sekarang saya menerapkan penyampaiannya, bersifat pemberitahuan, tidak lagi “tolong segera”.

Transaksi yang tak terlupakan ialah transaksi yang dikejar-kejar waktu promo Bank, biasanya bisa selesai dalam waktu 1 bulan sampai maksimal 1,5 bulan. Sempat juga sampai 3,5 bulan, sampai-sampai klien mengancam batal bila dia tidak mendapatkan bunga promo dari bank tersebut, sehingga saya pun berusaha minta perpanjangan masa promo, dengan membuktikan bahwa bukan dari pihak kami yang terlambat melaksanakan prosesnya, tapi pihak pajak dan ada kendala masa libur Idul Fitri. Dan akhirnya dapat, walaupun cukup sulit, dan membuat hati kuatir.

Banyak klient merasa puas karena melalui kita mereka bisa mendapatkan unit yang bagus dengan harga yang bagus pula. Sampai-sampai buyer jadi ingin menitipkan Exclusive Property kepada saya, tapi biasanya saya anjurkan untuk publish open saja (agar tanggung jawab kita tidak berat, melihat situasi saat ini). Klien pun karena puas seringkali juga mau kasih fee sendiri spesial untuk saya, tapi saya menolak dan cuman bilang, "Yang penting bapak/ibu puas, untuk lain kali bapak/ibu, atau teman/saudaranya mau jual/sewa/beli property silakan lewat saya saja ya!". Jadinya, saya bertambah sendiri kliennya, nich.

Pesan buat rekan-rekan PC LJ Hooker se-Indonesia yakni bahwa di dunia property sangatlah menjanjikan, cuman kita harus fokus dan jadilah orang yang tidak mudah sakit hati, agar terpancar dari cara kita bicara nantinya, dimana dalam hal inipun saya sendiri masih harus belajar terus.

Saya senang bergabung dengan LJ Hooker sebab dikelola secara profesional, dan memiliki cabang yang banyak, sehingga klien-klien lebih percaya kepada saya. Dan kita mempunyai Link sesama teman-teman LJ Hooker yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga LJ Hooker lainnya bisa membantu memasarkan unit klien-klien yang jauh dari FMA (Focus Marketing Area) kita.

“Salam Teman-teman LJ Hooker, Jangan Mudah Sakit Hati, dan Pantang menyerah, Yaaaaa!”

Christine Eliawati, PC LJ Hooker Icon BSD