Rita Megawati: Kami Tangani Mulai Konsep Hingga Pemasarannya

Rekam jejak kesuksesannya membawa wanita satu ini menjadi The Best Principle. Dirinya juga dipercaya menjadi konsultan proyek bagi sejumlah developer.

Kantor agen satu ini punya segudang pengalaman. Tak hanya sebagai agen properti, LJ Hooker Gading Serpong kini juga telah menjadi konsultan proyek sejumlah developer.

“Kami mengawali bisnis ini sejak 2002. Kami hadir sebagai franchise agent pertama di kawasan ini Serpong,” terang Rita Megawati, Principle LJ Hooker Gading Serpong.

Tahun 2003, ibu dua orang anak ini kemudian membuka kantor kedua di BSD. Bersama rekanannya, Rita membuka kantor di Alam Sutera, Summarecon Serpong, Summarecon Bekasi dan Cikarang.

Memasuki tahun ke-16, Rita memiliki beberapa jaringan kantor LJ Hooker yang tersebar di wilayah Jabodetabek-Cikarang. “Hingga kini, saya sudah membangun tujuh jaringan kantor agen LJ Hooker,” ucapnya.

Perkembangan properti yang bertumbuh luar biasa, membawa karirnya bersinar. “Bagi saya, Serpong merupakan kawasan yang fenomena. Saat itu 2002, harga ruko di wilayah Gading Serpong hanya Rp250 jutaan. Sekarang, harganya sudah tembus Rp6 miliar – Rp7 miliar.

Artinya kata Rita, dalam kurun waktu 13 tahun lebih, harga properti khususnya ruko di kawasan ini cepat sekali meroket. Begitu pula pertumbuhan agen propertinya.

Menurutnya, pertumbuhan properti tercepat mulai terasa sejak tahun 2004, tepatnya waktu Summarecon Serpong hadir di kawasan  ini.

Selangkah Lebih Maju

“Saya mengembangkan bisnis ini sama seperti kantor agen pada umumnya, menjual properti seken. Hingga akhirnya, saya dipercaya langsung oleh pihak developer untuk menjadi agen tunggal yang memasarkan produknya,” ujar Rita.

Selain menjadi project marketing. Sejak tahun 2006, LJ Hooker Gading Serpong juga telah memposisikan sebagai project development bekerjasama dengan pemilik tanah. Kini, kantornya dipercaya menjadi konsultan proyek sebuah pengembangan apartemen di Alam Sutera milik developer asal Singapura.

“Kami tidak hanya sekedar menjual properti seken dan baru, tapi juga memegang peranan sebagai konsultan proyek. Tentunya semua itu butuh proses yang tidak cepat,” papar Rita.

“Saat ini kami juga menangani proyek pergudangan Grand Cisoka di wilayah Cisoka Balaraja. Kami tangani mulai konsep, menentukan harga hingga pemasarannya,” urainya.

Karena berpengalaman, kantornya berhasil menjadi agen properti terbaik, memasarkan sejumlah properti milik Summarecon Serpong. “Gelar tersebut kami raih berturut-turut selama tiga tahun. Kami juga pernah meraih sebagai ‘The Best Property Agent’ di Paramount Serpong,” kata Rita.

Kalau di LJ Hooker Indonesia, kantornya sering meraih Runner Up sebagai Top Office. Rita sendiri pernah menyandang predikat sebagai The Best Principle.

Menurut Rita, kunci kesuksesan menjadi seorang agen properti itu harus bisa menjaga hubungan baik. Rita tidak pernah khawatir dengan agen pendatang baru.

“Saya sendiri punya komunitas agen di kawasan ini, sesekali saya diminta menjadi pembicara untuk berbagi pengalaman soal bisnis properti,” tegasnya.

Dedy Mulyadi [Sumber: http://www.rumahhokie.com/beritaproperti/rita-megawati-kami-tangani-mulai-konsep-hingga-pemasarannya/ - 20/04/2017]