image

#3 Plan your day & Do 1 hour of dollar productive activity each day

by dradjad 27-Aug-2020 Dibaca sebanyak : 831 kali

Berikut ini 9 hal yang untuk saya sangat helpful dan membuat hari saya cukup produktif:

 

1.         Tiba di  kantor/ tempat  WFH 30-45 menit lebih pagi untuk merencanakan hari anda. Buatlah to do list.

 

2.         Dengan menulis solusi atas masalah atau ide-ide dapat muncul ketika kita “merapihkan” pikiran kita.

 

3.         Kuncilah 60 menit setiap hari untuk “dollar productive activity”, artinya aktifitas yang dapat memajukan karier atau usaha anda. Saya suka di pagi hari setelah planning karena belum ada gangguan.

 

4.         Kerjakan dahulu tugas yang butuh kreatifitas, sulit atau menghasilkan duit. Waktu di pagi hari pasti lebih fresh. Kalau malam sudah capek dan merupakan waktu untuk keluarga.

 

5.         Jangan suka menunda tugas yang sulit karena malah jadi pikiran yang bikin stress. Lebih baik kerjakan saja. Toh yang sudah terjadi masalah akan tetap jadi masalah. Menunda tidak membuat masalah menghilang.

 

6.         Aktifitas yang rutin tapi makan waktu seperti administrasi dan balas email, kerjakan belakangan saja.

 

7.         Setiap orang punya mental energy dan kapasitas konsentrasi yang terbatas.

 

8.         Kerjakan satu per satu dan dikelompokkan. Misalnya 1 jam untuk follow up, 2 jam untuk membuat presentasi. Hindari multi tasking karena anda akan merasa makin hectic.

 

9.         Kalau puyeng karena banyak kerjaan, tarik nafas yang dalam 3x dan hembuskan keluar, minum air, bangun dari bangku anda dan regangkan otot. Dijamin lebih relax dan siap tempur dibandingkan dengan cek sosmed, nonton tv atau main gadget. Which actually akan menyerap mental energy.

 

Faktanya, sibuk tidak sama dengan produktifitas. Jangan sampai sebagai pembalap dalam kehidupan seakan kita yang disetir mobil kita dan bukan kita yang menyetir mobil, akhirnya garis finish tidak tercapai seperti yang diharapankan. 


Ada pepatah “the early bird gets the worm”. Get work done dengan bangun lebih pagi dan start planning your day. Semoga bermanfaat.

 


Sukses untuk anda selalu,

Oka M. Kauripan

(24 Agustus 2020)

 

 

“By failing to prepare, you are preparing to fail.”

(Benjamin Franklin)